Rabu, 28 Maret 2012

Bikin Kinclong dengan Batu Ijo

Bikin Kinclong Mesin Bermodal Celana Jeans Dan Batu Ijo

Suka dengan tampilan mesin yang kinclong?

Ada dua cara bisa dilakukan untuk membuat kinclong komponen motor dari aluminium. Yaitu, sistem krom dan poles. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Bahkan pada komponen tertentu ada yang tidak boleh dipoles atau dikrom.

Untuk aluminium yang dikrom, kualitas kilap tentu saja lebih baik ketimbang poles. Apalagi pada saat prosesi ada langkah kerok cat, nikel dan terakhir dikrom. Tiap lekuk yang sulit pun bisa terlihat kinclong dibanding poles yang terbatasi oleh posisi alat kerja. Gerinda tidak bisa menjangkau bagian yang nyempil/sempit.

Wajar kalau krom dihargai lebih mahal dua kali lipat dari poles
Namun kekurangan yang dimiliki aluminium babet jika dikrom daya tahannya tidak lama. Apalagi komponen di mesin paling sering kena panas. Seperti di kepala dan blok silinder. Krom lebih cepat terkelupas.

Meski minim perawatan, krom di blok mesin paling lama tahan 1 tahun lebih. Itu pun mesti jangan sering dicuci pakai air bertekanan tinggi. Sebab dalam jangka waktu tertentu, umumnya aluminium babet dibalik lapisan krom bakal menghadirkan serbuk putih mirip karat.

Begitu juga sistem poles, tetap ada pantangan meski ongkosnya relatif murah. Lantaran menggunakan sistem kikis, pada komponen tertentu nggak boleh dilakukan. Seperti di blok atau karter yang ada nomor mesin. Atau simbol pada sakelar lampu motor zaman dulu.

Namun sistem poles juga punya kelebihan. Tidak ada pelapis yang menghalangi macam nikel atau krom. Sehingga pada blok mesin sangat menguntungkan. Bukan hanya tampil kinclong, tapi panas mesin mudah dibuang.

sistem poles tetap perlu perawatan lebih. Meski aluminium kinclong tidak karatan, tetap masih bisa bereaksi dengan udara. Sehingga mudah kusam dan kotor. Untuk itu perlu dipoles lagi menggunakan batu ijo. Tapi lama Kelamaan, komponen yang kena poles tadi bakal jadi tipis.

Cara terakhir itulah yang banyak diminati para penggila modifikasi. selain murah meriah, gak sampai sehari mesin sudah terlihat kinclong. Dari pada harus mengkrom dengan harga yang lumayan mahal!

Mau tahu caranya? Mudah saja, siapkan dulu batu hijau, kuas, bensin ataupun minyak tanah secukupnya, soda api /cat remover dan beberapa potongan kain celana jeans.

Kenapa bahan jeans?

karena tekstur bahan jeans agak kasar di banding kertas koran dan pastinya lebih bersih. Kalau pakai koran akan terlihat sedikit hitam, sebab tinta dari koran itu menempel di blok mesin

Sebelum memulai, untuk menghilangkan warna cat dasarnya, disarankannya jangan menggunakan ampelas ukuran berapapun. Karena kalau pakai ampelas, blok mesin akan tampak garis-garis tipis.
Pertama, oleskan soda api atau cat remover dengan kuas pada seluruh blok mesin sampai warnanya dasar blok mesin ngelotok. Lalu, basuh dengan air sabun tanpa deterjen hingga bersih, lalu keringkan dengan cara di jemur.

Kalau sudah kering, baru deh poles.

Caranya: ambil potongan kain jeans, kemudian celupkan ke wadah bensin ataupun minyak tanah lalu oleskan pada batu hijau yang berbentuk batangan sedikit demi sedikit.

Setelah jeans tersebut sudah basah dengan bensin dan dikasih batu hijau, poles ke bagian mesin yang diinginkan hingga benar-benar mengkilap dengan sedikit menekan

Tapi jangan berpindah-pindah dulu! Sebaiknya satu bagian mesin yang dipoles, setelah mengilap baru pindah ke bagian lain. “Keawetannya tergantung kita, kalau krom ‘abal-abal’ sudah agak pudar atau gak mengilap tinggal poles lagi tanpa harus ditekan seperti pertama kali pemolesan,”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar